Kebakaran Hutan Indonesia

Friday, September 20, 2019


Indonesia adalah negara dengan luas hutan tropis terbesar masuk ke dalam daftar dunia dengan keanekaragaman flora dan fauna yang beraneka ragam. Hutan yang menjadi paru-paru dunia ini sayangnya 3 bulan terakhir pada tahun 2019 ini adalah puncak terjadi kebakaran di Indonesia. Sejumlah Provinsi yang mengalami kebakarn lahan di antaranya adalah Provinsi Riau dan Provinsi Kalimantan.

Seluas 104.746 Ha lahan di Riau dan 1.291 Ha hutan di Kalimantan mengalami kebakaran lahan (sumber. detik. com).  Dampak kebakaran ini dirasakan juga oleh Provinsi Tetangga bahkan lebih parahnya dirasakan sampai ke Negara tetangga, Malaysia dan sekitarnya.

Kebakaran hutan ini berefek buruk bagi kesehatan tubuh warga sekitar lokasi bahkan ke seluruh provinsi dan negara  tetangga.  Seperti yang terjadi di Riau kebakaran lahan tersebut menimbulkan kabut asap yang cukup pekat di beberapa bulan terakhir dan sampai ke Bengkulu. Akibat dari kebaran hutan ini kesehatan warga menurun, udara menjadi buruk adalah dampak adanya kabut asap yang dihasilkan. Seluruh daerah yang terkena dampak sangat membutuhkan peralatan kesehatan untuk dapat bernafas lega, krisis masker adlah masalah utama untuk tetap menjaga kesehatan warga,

Kebakaran lahan ini berdampak buruk juga bagi aktivitas di luar ruangan.bantuan berupa masker, obat-obatan dan oksigen bersih sangat dibutuhkan di wilayah yang mengalami kebakaran dan terkena dampaknya.

Kebakaran ini  juga menyebabkan kabut asap yang tebal dan mengganggu jarak pandang selama keluar rumah. Semoga ada upayya dalam menjaga lahan dan hutan, dan diberikan solusi untuk para petani atau pihak yang tak bertanggung jawab dalam pembakaran lahan untuk menggarap lahannya sebagai tempat berusaha dan bekerja.

#BlogChallangeSeptember





Post Comment

Auto Post Signature

Auto Post  Signature