Cara Mendidik Buah Hati Menjadi Keluarga Bahagia

Monday, September 16, 2019

Setelah menikah memiliki buah hati adalah kado terindah yang Tuhan amanahi untuk kita dapat menjaga, merawat dan mendidiknya sebaik mungkin agar kelak menjadi buah hati yang tumbuh dengan baik memiliki banyak kepandaian dan mampu membanggakan keluarga. 

Dalam pernikahan tidak semua mendapatkan kado  terindah ini dengan waktu yang sama, semua berproses dan akan diberikan kado terindah ketika kita sebagai pasangan setelah menikah siap untuk menerima dan siap bertanggung jawab untu menjadikan kado terindah menjadi lebih baik dari yang kita bisa.  Setiap pasangan memiliki waktu yang berbeda dan percayalah waktunya tak akan salah, mengenai kado terindah yang belum kunjung tiba bersabarlah, sama halnya dengan kau bersabar ketika masih menanti pasanganmu tiba dalam ikatan sah dan nyata. 

Sebagaimana kau bersabar menanti dan terus berusaha menjadi lebih baik ketika pasanganmu belum tiba atau belum kunjung mengajakmu menikah, lakukan hal yang sama juga ketika menanti kado terindah seperti buah hati.

Ketika telah mendapatkan buah hati, selamat memasuki fase dimana kesabaran makin di uji, kebaikan dan semua yang baik-baik menjadi tujuan yang di bangun untuk menjadikan buah hati menjadi anak baik, yang mampu seperti harapan terbaik sebagai orang tua. 

Kebahagian seorang orang tua adalah melihat anaknya menjadi seperti yang ia harapkan, tumbuh berkembang dan menjadi kebanggaan keluarga. 
Kebahagian anak adalah suatu kebahagian bagi orang tua juga. Selain itu keluarga adalah penentu atau pondasi dasar untuk anak lebih bahagia.

Karena itu mendidik anak dengan baik adalah langkah dasar membentuk pribadinya, didiklah ia seblum lahir, selama di dalam kandungan, sampai lahir, hingga ia menua bersama bila di izinkan Tuhan.


Tidak ada teori pasti yang tak pernah berubah dalam mendidik anak, selain terus belajar dari banyak pengalaman orang tua yang sudah sukses dalam mendidik anaknya serta didiklah anak sesuai dengan zamannya dengan tidak melupakan didikan zaman dulu kala ketika  masih belum menjadi seperti sekarang ini, memiliki buah hati kebanggaan diri.

Beberapa hal penting dalam mendidik anak bagi ibu dan calon ibu yaitu : 

1. Berikan vitamin dan nutrisi terbaik pada anak 
    Berikan vitamin dan nutrisi terbaik pada anak sejak dalam kandungan sampai ia lahir dan mengerti serta cukup paham dengan vitamin dan nutrisinya sendiri. Vitamin dan nutrisi adalah hal penting agar ia tumbuh dengan sehat dan baik.

2. Didiklah sesuai dengan ajaran agama.
    Hal ini penting agar sejak dini anak menjadi tahu agama, dan tumbuh menjadi anak baik sesuai dengan ajaran agama. Kenalkan dan ajarkan ilmu agama sejak dini ajarkan  juga ia untuk berbagi dan baik antar sesama agar ia menjadi anak yang disukai banyak temannya .



3. Berkata lembutlah pada anak
    Berkata lembut dan baik membantu pribadi anak menjadi tenang dan kembali menggunakan kata-kata lembut dan baik dalam kesehariannya. Gunakan kata-kata yang baik dalam amarah jika pada masanya marah, hal penting yang harus di ingat adalah usahakan untuk tidak mengeluarkan kata-kata kasar pada anak serta memakinya karena hal tersebut dapat memperburuk dan menekan kondisi emosi dan mental anak menjadi tidak baik.

4. Jangan paksakan dan mengekang anak
    Biarkan ia bebas bereksperesi dan melakukan hal yang ia suka dengan tetap mengkontrol semua yang ia lakukan tetap dalm koridor baik tidak salah dalam aturan, sampaikan dan komunikasikan dengan baik kepada anak apa yang harus dan  tidak harus ia lakukan dengan kata-kata komunikatif pada anak. Mengekang dan memaksakan ana dalam melakukan hal yang baik sekalipun tidak akan membatntunya menjadi lebih baik. Biarkan ia bermain bersama teman-temannya dengan tidak berlepas tangan. Bermain bersama teman-temannya membuat ia mendapat banyak pengalaman dan pelajaran.

5.  Berikan Penghargaan dan Hukuman 
     Berikan penghargaan bagi setiap prestasi yang dilakukan anak dan berikan hukuman bagi pelanggaran yang ia lakukan.  Agar tumbuh rasa agar ia mampu menjdai lebih baik lagi dan merasa dihargai untuk apa setiap yang ia lakukan dan berani mengambil keputusan serta bertanggung jawab atas apa yang ia pilih dan ia lakukan.. 


Begitulah bebrapa cara mendidik anak sederhana yang bisa di tiru dan diterapkan, semoga semua anak pembaca menjadi anak terbaik yang membanggakan keluarga.

Untukmu yang belum menjadi ibu bahkan belum mmenikah atau sudah menikah tetapi belum di amanahi seoarang anak semoga penantian tak akan lama lagi yang belum menikah segera menikah dan di amanahi anak, begitupun yang belum memiliki anak semoga segera Tuhan berikan kado terindah buah hati baik nan lucu sesegera mungkinn aaamiiin.







Post Comment

Auto Post Signature

Auto Post  Signature