Fashion Show Authentic Minangkabau

Friday, November 30, 2018
Masih dalam serangkaian acara yang dilaksanakan pada Festival Pesona Budaya Minangkabau, Tepat tanggal 29 November 2018 di Hotel Emersia dilaksanakan Fashion Show Authentic Minangkabau.
sumber : Hijrah Adi


Menampilkan pakaian khas Minangkabau yang dikenakan oleh puluhan model berasal dari Minangkabau. Fashion show tersebut dihadiri oleh  Ratusan tamu dan undangan terdiri dari raja-raja se-nusantara dan perantau Minang. Semua yang menyaksikan termasuk Raja dan Perantau Tanah Datar terpukau menyaksikannya.

Pada Fashion show ini Riza Rozana selaku perancang busana asal Tanah Datar yang berkiprah di Sun Summit, Jakarta ingin menampilkan dan menyampaikan makna bahwa Perempuan Minang modern yang ideal adalah perempuan yang mengikuti perkembangan zaman, namun tetap memegang nilai-nilai perempuan Minang dalam menjalankan roda kehidupan.

Riza Rozana menyampaikan, dalam Fashion Show Authentic Minangkabau, para model memerankan perempuan yang ramah tamah, suka berdagang dan bersilaturrahmi.

"Perempuan Minang itu harus jadi perempuan jaman now yang tak meninggalkan budaya. Perempuan yang ada di Pasar Van Der Capellen, Kota Batusangkar adalah salah satu inspirasi saya dalam membuat karya ini, makanya properti dalam fashion show ini dibuat seperti suasana Pasar Van Der Capellen," ujar perempuan asli Tanah Datar yang karyanya sudah tampil di berbagai kota di Asia dan Eropa ini.

Terdapat  12 karya  yang ditampilkan pada acara malam itu, yaitu pakaian dengan kombinasi Songket Lintau dan Batik Pariangan. Karya ditampilkan dengan nuansa etnik dengan harapan memperkenalkan pakaian produk Tanah Datar yang sedang menggeliat.

Selain itu Ketua Dekranasda Tanah Datar, Emi Irdinansyah mengatakan, Fashion Show Authentic Minangkabau merupakan terobosan baru Disparpora Tanah Datar yang dilaksanakan dalam rangkaian Festival Pesona Budaya Minangkabau.

Kegiatan ini diharapkan  dapat membuat produk pakaian asli Tanah Datar lebih dikenal dan membuat perekonomian Tanah Datar menjadi meningkat. "Tanah Datar tak punya sumber daya alam, namun kerajinan dan pakaian khas Tanah Datar dikenal dan terjual, maka akan membuat perekonomian meningkat," ujar Emi Irdinansyah.

Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Dharma juga mengatakan, hari ini telah lahir produk khas Tanah Datar, seperti songket Lintau dan Batik Pariangan. Diharapkan perantau dan undangan yang hadir ikut membantu mempromosikan produk  ini.


Pada Fashion Show Authentic Minangkabau  juga ditampilkan desain karya Upik Bintang dan Johan Kurniawan.

Upik Bintang membawakan karya dengan desain sulam samek yang merupakan spesialisasi peremouan asal Sungayang, Tanah Datar.

Masih banyak rangkaian acara yang akan diadakan pada Festival Pesona Budaya Minangkabau diantaranya  "Ada Pagaruyung Expo, Fashion Show Authentic Minangkabau, Minangkabau Bike, Pasar Van Der Capellen, dan berbagai kegiatan lainnya" ujar Hijrah Adi.

So, jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikan event lainnya..
Masih ada 2 hari lagi dari sekarang..

Mari sukseskan dan kenalan serta ramaikan Pesona Budaya Minangkabau baik melalui media sosial maupun langsung ke lokasi menyaksikan berbagai rangkaian acaranya..

Jika yang jauh aja mendekat untuk menyaksikan, ayook yang dekat segera merapat jangan mau ketinggalan salah satu event  dari 100 Wonderful events dalam Calender Of Events  (CEO) Kementerian Pariwisata Republik Indonesia tahun ini.




Post Comment

Auto Post Signature

Auto Post  Signature