1.125 Dulang Pada Festival Pesona Budaya Minang Kabau

Kamis, 29 November 2018
Festival Pesona Budaya Minang Kabau bersamaan Festival Keraton Nusantara XII, telah resmi di buka pada 28 November 2018 di meriahkan dengan 1.125 Dulang yang berasal dari 75 Nagari yang ada di Minangkabau.

Banyaknyaaa ribuan dulang menambah keseruan dan ketakjuban terhadap budaya MinangKabau.

Dulang? apa sih itu dulang??
Dari apa di buatnya? apa aja isi dulang?? 
Ayook semangat lanjutin baca agar lebih mengenal tentang Dulang dan Minangkabau pada Festivalnya tahun ini.. 

Dulang dibawa oleh Bundo Kanduang

 Dulang adalah suatu tempat yang digunakan untuk memikul atau meletakkan beberapa makanan di dalamnya. Dulang berbentuk bulat dan cembung.

Menurut Ketua Kerapatan adat Nagari Batu Bulek yaitu F Datu. Rajo Tenghulu, Penutup Dulang memiliki motif beragam namun hampir sama yaitu berupa pucuk rebung yang memiliki arti tumbuh ke atas dan bermanfaat untuk semua . Rebung merupakan Tunas Bambu yang bisa dimanfaatkan dan bentuknya tumbuh ke atas dan apabila sudah menjadi bambu maka bambunya dapat di manfaatkan, semuanya bisa di manfaatkan dan bermanfaat.

Warna yang digunakan untuk Penutup dulang juga beragam ada perpaduan warna merah,kuning,hitam dan warna lainnya, namun warna yang menjadi khas Minang adalah Merah, Kuning, dan Hitam , warna tersebut adalah warna yang memiliki makna berarti di Tanah Minang ini.

Tutup dulang warna hitam merupakan simbol bahwa dulang terseut berasal dari  Kab. 50 Koto yang terdiri dari wilayah atau nagari yang ada di Payakumbuh, Pangkalan, Bakinan, Rantau Baranit dan wilayah lainnya yang mencakup Kab. 50 Koto. 

Tutup dulang warna merah merupakan simbol Kab. Agam meliputi nagari Padang, Pariaman, Bukit Tinggi, sedangkan warna kuning berasal dari Kab. Tanah Datar mencakup Solok, Batu Sangkar, Muaro Sijunjuang, Damas Raya dan lainnya..

Perbedaan tutup dulang dissampaikan oleh salah satu warga lokal yaitu uda Aciak.

Dulang berisi 2 protein yaitu baik berupa daging rendang,ayam goreng dan lainnya, ditambah sayur, kerupuk, sambal serta di tambah buah sebagai pelengkap. Isi dari dulang bisa berbeda-beda bisa juga sama, namun biasanya berbeda karena setiap dulang yang di bawa menyajikan makanan khas masing-masing nagari. 

Dalam festival ini  dulang di bawa oleh 75 nagari dengan masing-masing nagari membawa 15 dulang  maka total keseluruhan dulang yaitu sebanyak 1.125 dulang. 



Dulang Pariaman

Ibu Marliana yang merupakan Ketua Bundo Kandung Nagari Paninjaian Kecamatan 10 Koto mengatakan bahwa "Dulang di bawa oleh Bundo Kanduang, dengan menggunakan baju atasan hitam dan Rok kain yang menjadi ciri khas biasanya dengan motif Rebung "

Dulang dimakan untuk makan jamba dengan satu dulang 4 orang yang makan .

Makan Jamba aadalah makan bersama .

Masih banyak kegiatan dan keseruan lainnya yang ada di Festival Pesona Minangkabau, jangan sampai ketinggalan ya..


Posting Komentar

Auto Post Signature

Auto Post  Signature