Corona Virus Membuat Ramadhan Berbeda

Friday, April 24, 2020


Corona Virus atau yang lebih dikenal Covid-19 sudah kurang lebih 5 bulan melanda dunia dari seluruh penjuru negara se-dunia tanpa terkecuali semua telah terjangkit dan menjadi virus menakutkan serta membahayakan nyawa setiap orang. Covid-19 merubah semua secara cepat tanpa pandang bulu, siapa hebat, siapa kuat, kaya, miskin, pejabat, rakyat biasa semua bisa terserang dan terjangkit secara cepat. Covid-19 benar-benar membuat dunia tak berdaya, harta benda bukanlah apa-apa.

Semua yang tadinya ramai sekarang mendadak sepi, semua yang tadinya berkumpul membuat kebahagiaan sekarang berkumpul menjadi menakutkan sebab kita tak pernah tahu siapa yang terserang terlebih dahulu, yang akan dan sudah terjangkit virus ini.

Mari kita mengenali Sebenarnya apasih virus ini? dan bagaimana kita bisa terhindar dan menyikapinya apabila sudah terjangkit.

Virus Corona berasal mungkin bermula dari virus Sars dari Cina dan Mers dari Saudi, berkembang biak secara cepat setelah 24 jam terjangkit, dikenal dengan Covid-19 yaitu singkatan dari Corona Virus Diseases- 19. Virus ini  muncul pertama kali pada bulan Desember 2019 di kota Wuhan CHINA. Virus ini menyebar melalui air yang mengudara atau percikan ketika batuk atau bersin.

Virus Corona ini  bisa masuk ke tubuh manusia melalui mata, hidung, mulut dengan masa inkubasi 2 sampai 14 hari dan kebanyakan 5 sampai 7 hari. ketika masuk ke organ tubuh manusia virus ini akan merusak organ pernafasan.

Virus Corona menyukai lingkungan yang lembab gelap dan  dingin. Gejala seseorang terserang atau mengidap virus ini adalah demam tinggi batuk kering, ingusan dan kelelahan, selain itu virus ini menyerang melalui sentuhan idung atau kerongkongan, Virus ini sangat suka keramaian dan perkumpulan karena dengan begitu akan mempermudah penyebarannya,

80 persen penderita sembuh tanpa pengiobatan apabila ditangani atau karantina mandiri dengan benar dan baik sesuai dengan anjuran dokter atau petugas medis. Corona Virus membunuh seseorang yang terjangkit olehnya rata-rata manula dengan komplikasi penyakit seperti gula, darah tinggi dan penyakit combinasi lainnya. Namun bukan berarti pemuda atau mula terjamin tidak terjangkit.

Untuk mencegah penyebaran virus ini ada baiknya kita mentaati ajuran yang sudah disebarkan selama ini yaitu dengan mencuci tangan dengan benar dan bersih menggunakan sabun, handsanitizer,
tetap diam dirumah aja jika tidak ada kepentingan yang mendesak untuk keluar rumah, hindari perkumpula atau kerumunan orang, jaga jarak dalam berkomunikasi ataupun berjumpa/ fysical dan sosial dictancing tetap terhaga, dan jaga juga kebersihan dan sirkulasi udara yang lancar selama di rumah.

Sekarang di tengah wabah corona ini kita menjalani Ramadhan yang berbeda, semoga Ramadhan kita tetap berkah dan makin baik. Mari sama-sama berdoa agar wabah ini berakhir dan hilang semua kembali seperti semua untuk menjadi lebih baik lagi..

aamiin

Jangan panik,


#Day1 #OneDayOnePost30HRDC #WritingChallenge30HRDC #30HariRamadhanDalamCerita #bianglalahijrah #RamadhanditengahPandemi
Post Comment

Auto Post Signature

Auto Post  Signature