Menyulam Kain Jolong

Jumat, 14 Desember 2018


Festival Pesona Budaya Minangkabau yang dibuka pada tanggal 28 November 2018 menampilkan tari kolosal Manyulam kain Jolong  yang dibawakan 300 pelajar se Tanah Datar. Tarian ini menceritakan tentang kehidupan masyarakat Minang yang diawali dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari rumah yang turun ke sawah sampai makan bajamba. 

Tarian ini menambah meriah dan mengagumkannya pembukaan Festival Pagaruyung.
Tari Kolosal Menyulam Kain Jolong merupakan produksi Sigma Dance Theatre Indonesia dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar. Menyulam Kain Jolong menampilkan campuran berbagai pakaian adat tradisional yang di seluruh Tanah Datar dengan warna warni kain yang menghiasi kain dan mewahnya gaun tari menambah takjup penonton serta tamu undangan yang hadir pada pembukaan festival hari itu.
Arti dari Jolong pada Menyulam kain Jolong adalah Lancip.  Kata Jolong merujuk pada topi yang menjadi representasi dari atap dari rumah adat Minangkabau yang menyerupai tanduk kerbau. Lalu di bagian tengah topi jolong tersebut ada kreasi tambahan berupa dedaunan. Ini mengandung arti Indonesia yang kaya akan penghijauan dan kreasi anak bangsa yang semakin mendunia. Ditambah dengan kipas gadang atau kipas besar menambah indahnya tarian pembukaan festival pada hari itu. 
menurut Mesi yang merupakan  salah satu penari mengatakan, "baju adat yang dikenakannya dikreasikan sebagai upaya meningkatkan anak jaman sekarang untuk mengingat akan keberaneka-ragaman budaya Minangkabau" Sementara setiap gerakan dalam tarian memiliki makna masing-masing,” tambahnya..
Bupati tanah Datar Irdiansyah Tarmizi menyampaikan kegembiarannya atas dibukanya Festival Pagaruyung 2018. Ia mengatakan, tahun demi tahun acara ini sudah digelar, dan mulai tahun ini festival pagaruyung sudah diakui oleh kementerian pariwisata Indonesia.
“Apa yang akan kami tampilkan tentunya harus sangat meriah. Mengingat festival ini mendapat 5 penghargaan sebagai atraksi pariwisata terbaik di Indonesia,” ujar  Irdiansyah pada saat membuka acara pada pembukaan festival. 


Posting Komentar

Auto Post Signature

Auto Post  Signature